Cuaca di Bulan Maret

This post is also available in: English

Gerhana Matahari Total (GMT) yang terjadi tanggal 9 Maret 2016, akan melintasi Indonesia dan Mikronesia. Dan kesempatan untuk menikmati Gerhana Matahari dari daratan hanya dapat dilakukan dari Indonesia.
Untuk itu yang perlu diperhatikan adalah kondisi cuaca di Indonesia. Menurut tren cuaca yang dibuat oleh Jay Anderson dalam situsnya untuk prediksi cuaca saat GMT 2016 di berbagai daerah di Indonesia, cakupan awan dan musim hujan harus menjadi perhatian.

Peta tingkat hujan di Indonesia. Courtesy: jay Anderson
Peta tingkat curah hujan di Indonesia. Courtesy: Jay Anderson

Pada bulan Maret, Sumatera dan Kalimantan sedang berada pada puncak musim hujan. Sedangkan di Ternate, misum panas dan musim hujan agak lebih sulit ditentukan akan tetapi tingkat curah hujan di Ternate memiliki tren setengah dari tingkat curah hujan di area barat Indonesia.

Tingkat cakupan awan di bulan Maret di Indonesia dan jalur gerhana. Courtesy: Jay Anderson
Tingkat cakupan awan di bulan Maret di Indonesia dan jalur gerhana. Courtesy: Jay Anderson

Cakupan awan yang cukup tinggi diperkirakan terjadi di Sumatera dan Kalimantan sedangkan Sulawesi dan Maluku Utara memiliki tingkat cakupan awan yang lebih rendah. Diperkirakan pada saat gerhana. pulau Sumatera akan dilingkupi 80% awan sedangkan Maluku Utara hanya berkisar 60% dan di bawah 55% untuk perairan Maluku. Dengan kata lain, pengamatan dari laut akan menjadi pilihan terbaik untuk GMT 2016.

Tingkat cakupan awan di bulan Maret di Indonesia Courtesy: Jay Anderson
Tingkat cakupan awan di bulan Maret di Indonesia Courtesy: Jay Anderson

Untuk pengamatan dari daratan, pilihan terbaik bisa dilakukan di Bangka, Belitung, Ternate ataupun Halmahera. Dan dari perspektif meteorologi, area yang sebaiknya dihindari adalah Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah aktivitas gunung Gamalama di Ternate yang sampai saat tulisan ini diturunkan masih dalam status siaga dan letusan terakhir terjadi pada bulan Desember 2014.

[divider_line]

Sumber:  Jay Anderson

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

astronomer. astronomy communicator by day. co-founder of langitselatan. new media practitioners. story teller and podcaster in the making. social media observer. web developer and web administrator by accident.

8 thoughts on “Cuaca di Bulan Maret

  1. salam.mohon infonya kondisi cuaca di daerah nusa tenggara timur tepatnya di labuan bajo untuk bulan maret 2016.
    Terimakasih

  2. peristiwa akbar ini membuat kota Ternate / Maluku utara semakin menggelora niatnya untuk sholat gerhana Matahari gemuruh zikir telah menyebar keseluruh masjid dan mushollah menghiasi lingkungan provinsi maluku utara dalam beberapa waktu ini dalam persiapan tanggal 9 Maret 2016 dari pendidikan PAUD Dinia MI MTs MAN sampai pada perguruan tinggi( IAIN Ternate)

Tinggalkan Balasan