GMT 2016 dari Bangka Belitung

This post is also available in: English

Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016, akan melintasi berbagai kota di Indonesia. Jalur totalitas akan melintasi propinsi kepulauan Bangka Belitung yang berada di timur pulau Sumatera. 

Kepulauan Bangka Belitung terdiri dari dua pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung serta pulau-pulau kecil seperti P. Lepar, P. Pongok, P. Mendanau dan P. Selat Nasik. Bangka Belitung yang lebih dikenal sebagai propinsi penghasil timah dan kisah Laskar Pelangi memiliki beberapa kota seperti Pangkal Pinang yang merupakan ibukota propinsi Babel, Tanjung Pandan (Ibukota Belitung), Manggar (Ibukota Belitung Timur), Sungai Liat (Ibukota Bangka), Mentok (Ibukota Bangka Barat), Koba (Ibukota Bangka Tengah) dan Toboali (Ibukota Bangka Selatan). Yang pasti kepulauan Babel memiliki lokasi wisata menarik untuk dikunjungi.

Jalur GMT di Bangka Belitung. Kredit: Xavier Jubier / Google Earth Pro
Jalur GMT di Bangka Belitung. Kredit: Xavier Jubier / Google Earth Pro

Pada tanggal 9 Maret 2016, Propinsi Bangka Belitung menjadi salah satu propinsi yang dilewati jalur totalitas. Akan tetapi, tidak semua area akan menikmati Gerhana Matahari Total.  Kota Pangkal Pinang yang menjadi ibukota Babel, hanya akan menikmati Gerhana Matahari Sebagian. Demikian juga dengan Belitung bagian selatan.  Kota di area Babel yang dilintasi jalur Gerhana Matahari Total adalah Manggar, Tanjung Pandan, Koba dan Toboali, dengan durasi totalitas merentang dari 48 detik di area yang berada dekat dengan perbatasan gerhana total dan sebagian sampai dengan 2 menit 11 detik di garis tengah jalur totalitas.

Waktu terjadinya gerhana total

Matahari terbit: 05:58 WIB
Kontak 1 atau Awal gerhana sebagian: 06:21:06.3 WIB
Kontak 2 atau Awal gerhana total: 07:22:54.1 WIB
Puncak gerhana: 07:23:59.4 WIB
Kontak 3 atau Akhir gerhana total: 07:25:05.1 WIB
Kontak 4 atau Akhir gerhana: 08:35:50.3 WIB

Keindahan Bangka Belitung. Kredit: Indonesia.travel
Keindahan Bangka Belitung. Kredit: Indonesia.travel

Cuaca
Kepulauan Bangka Belitung memiliki Iklim tropis yang dipengaruhi angin musim yang mengalami bulan basah selama tujuh bulan sepanjang tahun dan bulan kering selama lima bulan terus menerus. Bulan kering terjadi pada Bulan Agustus sampai dengan Oktober dengan hari hujan 11-15 hari per bulan. Untuk bulan basah hari hujan 16-27 hari per bulan, terjadi pada Bulan Januari sampai dengan Bulan Juli dan Bulan November sampai Bulan Desember.

Transportasi
Ada beberapa jenis transportasi yang melayani rute menuju Bangka Belitung. Rute udara menuju Bangka Belitung, dilayani oleh beberapa maskapai penerbangan. Untuk menuju Pulau Bangka dan Tanjung Pandan (Belitung), bisa menggunakan penerbangan dari Jakarta yakni Garuda, Sriwijaya Air, Citilink dan Lion Air.

Untuk pemilihan rute lewat laut, bisa dilakukan dengan ferri dari Palembang ke Mentok di Bangka setiap hari. Selain itu juga perjalanan dapat dilakukan dengan ferri dari Jakarta. Akan tetapi, perjalanan tersebut hanya untuk sekali setiap dua minggu untuk rute Jakarta- Bangka – Batam dan rute Jakarta – Belitung – Pontianak.

Akomodasi
Akomodasi di Bangka Belitung terhitung cukup banyak, baik hotel berbintang maupun yang didedikasikan untuk backpacker. Daftar penginapan bisa dilihat di situs Booking.com, dan Agoda: Bangka & Belitung

Taut Tentang Bangka Belitung
Situs Pemerintah Propinsi Bangka Belitung: http://www.babelprov.go.id/
Situs Kementrian Pariwisata: http://www.indonesia.travel/id/discover-indonesia/region-detail/26/bangka-belitung
Situs Kementrian Pariwisata: http://www.indonesia.travel/id/destination/631/belitung
Wiki Travel Bangka: http://wikitravel.org/en/Bangka
Wiki Travel Belitung: http://wikitravel.org/en/Belitung

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

astronomer. astronomy communicator by day. co-founder of langitselatan. new media practitioners. story teller and podcaster in the making. social media observer. web developer and web administrator by accident.

10 thoughts on “GMT 2016 dari Bangka Belitung

  1. Keren Mbak Avivah! Terima kasih udah memberikan info lengkap tentang eclipse.
    Bagi siapa aja yang membutuhkan transport, akomodasi, guide dll hubungi http://www.babelyo.com atau email ke [email protected].
    kami adalah tour operator lokal berjiwa sosial. Saat anda berkelana bersama kami, anda ikut membantu kami untuk membangun perpustakaan di destinasi ini. 🙂

    salam hangat.

  2. Boleh tau komunitas atau astronom yg kesana? Saya pernah chat dgn Hady (Hadiyanto) katanya dia dgn Avivah ke daerah Ternate?

    1. rencananya memang mas Hadi mau ikut ke Halmahera, Bang. untuk area belitung seingat saya, Pak Dhani akan ngamat dari sana. juga ada Mas Hendro ’92 yang akan bawa rombongan ke sana.

  3. Mba Avivah, rencananya pada kumpul dimana untuk liat gerhana nya, kebetulan kita mau kesana. cuma karena kita awam bingung nanti tuh kumpul dimana?

  4. Halo Mba Avivah, saya berencana untuk berkunjung ke Belitung dari tanggal 6 sampai 9 nanti. Apakah ada komunitas astronom yang berencana untuk melakukan pengamatan di Belitung? Apakah saya boleh meminta kontak ybs? Terima kasih

  5. Selamat pagi mba Ivy….
    Saya ingin belajar motret GMT dengan teleskop maksutov cassegrain 8″, sekarang msh ada beberapa masalah
    .
    1. Solar Filter, rencana mau buat dengan kertas Solar Filter ND 5, dimana bisa beli ?
    2. Saya masih kesulitan dengan kontrol elektronic Mount, mungkinkah saya motret manual/ mount diam tdk bergerak mengkuti perputaran bumi..?
    Untuk adapter teleskop ke kamera & koneksi kamera ke laptop sdh baik, motret bulan berhasil (mount manual/ tdk bergerak)

    Tolong direspon, terima kasih.

Tinggalkan Balasan