GMT 2016 dari Kao

This post is also available in: English

Gerhana Matahari Total 2016 yang melintasi Indonesia akan memberi warna tersendiri bagi Maluku Utara. Selain beberapa kota dan pulau yang berada tak jauh dari garis tengah jalur totalitas, Halmahera juga cukup mudah ditelusuri jika para pengamat hendak menikmati GMT di batas utara jalur totalitas. Kao, kota kecil di Halmahera Utara menjadi salah satu alternatif untuk dikunjungi.

Kao, kota di batas utara jalur totalitas 2016. Kredit: Google Earth Pro / Xavier Jubier
Kao, kota di batas utara jalur totalitas 2016. Kredit: Google Earth Pro / Xavier Jubier

Kota Kao di Halmahera Utara merupakan salah satu kota yang akan dilintasi oleh Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016. Berada di batas utara jalur totalitas memberikan keuntungan tersendiri bagi Kao, karena meskipun durasi totalitasnya hanya sekitar 1 menit tapi para pengamat bisa menikmati kehadiran manik-manik Bailey lebih lama.

Di Kao, pengamatan bisa dilakukan dari Bandara Kota Kuabang dan beberapa lokasi datar yang cukup terbuka ke arah timur.

Waktu terjadinya gerhana total

Kontak 1 atau Awal gerhana sebagian: 08:37:00.7 WIT
Kontak 2 atau Awal gerhana total: 09:53:54.5 WIT
Puncak gerhana: 09:54:25.7 WIT
Kontak 3 atau Akhir gerhana total: 09:54:57.3 WIT
Kontak 4 atau Akhir gerhana: 11:22:42.4 WIT

Bandar Udara Kao yang berhadapan dengan arah timur. Kredit: Avivah Yamani
Bandar Udara Kao yang berhadapan dengan arah timur. Kredit: Avivah Yamani

Transportasi
Untuk mencapai Kao, Bandar Udara Kota Kuabang melayani penerbangan dari dan ke Manado Wings Air. Penerbangan domestik dari Jakarta menuju Manado bisa dengan penerbangan Garuda Indonesia, Batik Air, Lion Air. Penerbangan internasional dari dan ke Manado dilayani oleh Silk Air untuk rute Singapura – Manado.

Alternatif lain menuju Kao bisa via Ternate dengan penerbangan langsung dari Jakarta yang dilayani oleh Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air. Dari Ternate bisa dengan kapal cepat selama  45 menit ke Sofifi baru kemudian perjalanan darat ke Kao dengan mobil selama 2 jam.

Akomodasi
Penginapan di Kao amat sangat terbatas. Untuk itu disarankan menginap di Tobelo, sekitar 1 jam perjalanan dari Kao ke arah utara.  Daftar hotel di Halmahera Utara bisa ditemukan di HalmaheraUtara.com

Taut Tentang Kao:
Situs Kabupaten Halmahera Utara: http://halmaherautarakab.go.id/
Situs Dinas Pariwisata: http://halmaherautara.com

Ditulis oleh

Avivah Yamani

astronomer. astronomy communicator by day. co-founder of langitselatan. new media practitioners. story teller and podcaster in the making. social media observer. web developer and web administrator by accident.

Tinggalkan Balasan