Kenampakan Gerhana Matahari 21 Juni 2020 dari Indonesia

Pada tanggal 21 Juni 2020, Indonesia akan dilintasi Gerhana Matahari Sebagian. Untuk itu, kami menyediakan informasi waktu dan kenampakan gerhana dalam bentuk infografik.

Untuk Gerhana Matahari Cincin 2020, jalur cincin akan melintasi Afrika, Timur Tengah, dan Asia. Indonesia justru berada pada area gerhana sebagian dengan permukaan Matahari yang ditutupi Bulan merentang antara 0 – 40%. Wilayah selatan Indonesia justru hanya menikmati gerhana matahari secuil, seakan Matahari sedang disenggol Bulan. Yang cukup beruntung adalah pengamat di utara Indonesia yang bisa menyaksikan gerhana dari 20% – 40%.

Untuk mengetahui waktu Gerhana Matahari Sebagian dengan patokan Ibukota Propinsi bisa dilihat pada infografik berikut. Dalam Infografik ini, Bandar Lampung digantikan oleh Kotabumi karena kota Bandar Lampur di Lampung tidak dilintasi Gerhana Matahari Sebagian.

 

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

astronomer. astronomy communicator by day. co-founder of langitselatan. new media practitioners. story teller and podcaster in the making. social media observer. web developer and web administrator by accident.

Tinggalkan Balasan