GMT 2016 dari Palu

This post is also available in: English

Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016, akan melintasi berbagai kota di Indonesia. Jalur totalitas akan melintasi area Sulawesi Tengah, dan Palu sebagai ibukota propinsi akan berada dalam jalur totalitas. Meski sudah mendekati area perbatasan gerhana matahari total dan sebagian.

Jalur GMT 2016 yang melintasi Palu. Kredit: Xavier Jubier / Google Earth Pro
Jalur GMT 2016 yang melintasi Palu. Kredit: Xavier Jubier / Google Earth Pro
Lore Lindu
Jalur GMT 2016 yang melintasi Sulawesi Tengah dimana Taman Nasional Lore Lindu berada. Kredit: Xavier Jubier / Google Earth Pro

Pada tanggal 9 Maret 2016, kota Palu akan berada di dalam jalur totalitas dengan durasi gerhana total 2 menit 3,3 detik. Selain kota Palu, pilihan lokasi pengamatan lainnya di Sulawesi Tengah adalah Taman Nasional Lore Lindu yang akan menikmati totalitas selamat 2 menit 41,6 detik.

Waktu terjadinya gerhana total

Kontak 1 atau Awal gerhana sebagian: 07:27:49.2 WITA
Kontak 2 atau Awal gerhana total: 08:37:44.5 WITA
Puncak gerhana: 08:38:45.8 WITA
Kontak 3 atau Akhir gerhana total: 08:39:47.7 WITA
Kontak 4 atau Akhir gerhana: 10:00:28.8 WITA

Taman Nasional Lore Lindu. Kredit: Wikimedia
Taman Nasional Lore Lindu. Kredit: Wikimedia

Transportasi
Untuk transportasi udara, beberapa maskapai melayani penerbangan domestik ke Palu melalui Bandar Udara Mutiara. Penerbangan langsung dari Jakarta hanya dilayani oleh Garuda. Sedangkan maskapai Sriwijaya Air, Lion Air, dan Wings Air melayani jalur Palu – Makassar dan Palu – Balikpapan. Penerbangan menuju kota-kota besar lainnya dapat dilakukan dengan penerbangan lanjutan dari kedua kota tersebut.

Untuk mencapai Taman Nasional Lore Lindu dapat menggunakan kendaraan roda empat melalui rute Palu-Kamarora (50 km) dengan waktu tempuh 2,5 jam, Palu-Wuasa (100 km) lima jam dan Wuasa-Besoa (50 km) empat jam. Palu- Kulawi (80 km) enam jam.

Akomodasi
Akomodasi di Palu terhitung cukup banyak, baik hotel berbintang maupun yang didedikasikan untuk backpacker. Daftar penginapan bisa dilihat di situs Booking.com dan Agoda. Di area Taman Nasional Lore Lindu terdapat 2 penginapan di desa Wuasa

Taut Tentang Palu
Situs Pemerintah Kota Palu: http://palukota.go.id/
Situs Kementrian Pariwisata: http://indonesia.travel/id/discover-indonesia/region-detail/44/sulawesi-tengah ; http://indonesia.travel/id/destination/317/taman-nasional-lore-lindu
Wiki Travel: http://wikitravel.org/en/Palu

Ditulis oleh

Avivah Yamani

astronomer. astronomy communicator by day. co-founder of langitselatan. new media practitioners. story teller and podcaster in the making. social media observer. web developer and web administrator by accident.

4 thoughts on “GMT 2016 dari Palu

  1. terimakasih artikelnya sangat informatif, Saya fotografer bermaksud mengabadikan GMT 2016, saya sudah memiliki pengalaman mengabadikan di GMT 1983 Jawa GMT 1986 Palembang dan GMT 2008 China.

  2. Keren, Pak Edwin Djuanda… Pengejar Gerhana Matahari
    Saya juga akan menyaksikan event fenomenal ini.
    Tapi saya ke Balikpapan.
    Awalnya pengen ke Palu, Ternate atau Belitung.
    Tapi dg berbagai pertimbangan, saya pilih Balikpapan saja.
    Meski durasinya hanya 1 menit.

Tinggalkan Balasan