GMT 2016 dari Palembang

This post is also available in: English

Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016, akan melintasi berbagai kota di Indonesia. Jalur totalitas akan melintasi area Sumatera Selatan dan salah satu kota yang cukup beruntung menikmati Gerhana Matahari Total  adalah kota Palembang yang juga merupakan Ibukota propinsi Sumatera Selatan.

Peta jalur totalitas di Palembang. Kredit: Xavier Jubier / Google Earth Pro

Kota Palembang yang diberi julukan Venice di Timur, merupakan kota tertua di Indonesia jika ditilik dari prasasti Kedukan Bukit. Sebagai kota yang pernah menjadi pusat kerajaan besar seperti Sriwijaya di masa lalu, Palembang memiliki obyek-obyek wisata menarik yang bisa dikunjungi.

Pada tanggal 9 Maret 2016, Palembang akan berada di dalam jalur totalitas gerhana matahari dengan durasi 1 menit 47 detik.

Waktu terjadinya gerhana total

Matahari terbit: 06:10 WIB
Kontak 1 atau Awal gerhana sebagian: 06:20:29,2 WIB
Kontak 2 atau Awal gerhana total: 07:20:47,8 WIB
Puncak gerhana: 07:21:43,3 WIB
Kontak 3 atau Akhir gerhana total: 07:22:39,2 WIB
Kontak 4 atau Akhir gerhana: 08:31:24,7 WIB

Jembatan Ampera di Palembang. Kredit: Wikimedia
Jembatan Ampera di Palembang. Kredit: Wikimedia

Transportasi
Ada beberapa jenis transportasi yang melayani rute menuju Palembang. Baik jalan darat, udara maupun laut bisa menjadi alternatif pilihan menuju kota terbesar kedua di Sumatera ini.  Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dari beberapa kota besar di Jawa dan Bali melayani rute menuju ke Palembang. Untuk mempermudah, dari Jakarta ada beberapa bus eksekutif dan vip yang melayani rute ke Palembang dari beberapa terminal antara lain Terminal Pinang Ranti, Kampung Rambutan, Tanjung Priok, Pulo Gadung, Rawamangun, Grogol dan Kalideres.

Untuk pemilihan rute lewat laut, bisa dilakukan dengan ferri dari Pelabuhan Merak di Banten menuju Bakauheni di Lampung, setelah itu dilanjutkan dengan jalur kereta api dari Lampung ke Palembang.

Untuk transportasi udara, beberapa maskapai melayani penerbangan domestik ke Palembang setiap harinya dari Jakarta maupun beberapa kota besar lainnya di Indonesia. Maskapai yang melayani rute ke Palembang adalah Garuda, Batik Air, Xpress, Sriwijaya Air, Citilink, Lion Air.  Penerbangan internasional yang melayani jalur Palembang – Kuala Lumpur adalah maskapai Air Asia dan jalur Singapura  – Palembang bisa ditempuh dengan Silk Air.

Akomodasi
Akomodasi di Palembang terhitung cukup banyak, baik hotel berbintang maupun yang didedikasikan untuk backpacker. Daftar penginapan bisa dilihat di situs Booking.com, and Agoda.

Taut Tentang Palembang
Situs Pemerintah Kota Palembang: http://www.palembang.go.id/
Situs Kementrian Pariwisata: http://www.indonesia.travel/id/destination/374/palembang-on-the-musi-river
Wiki Travel: http://wikitravel.org/en/Palembang

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

astronomer. astronomy communicator by day. co-founder of langitselatan. new media practitioners. story teller and podcaster in the making. social media observer. web developer and web administrator by accident.

4 thoughts on “GMT 2016 dari Palembang

  1. Mau nanya Mbak, apakah daerah yang terkena gerhana matahari nanti hanya yg tertulis di “LOCAL CIRCUMSTANCES” saja atau daerah yg di high-light garis biru di atas dan garis merah di bawah? Terima kasih.

    1. yg dilewati gerhana matahari total yg berada di dalam garis merah. di garis biru, waktur totalitas atau saat matahari tertutup bulan lebih lama dibanding yg di garis merah.
      tapi bagian lain Indonesia yg berada di luaar garis merah juga bisa menikmati gerhana matahari sebagian

    1. boleh saya publikasi ulang di LS bagian bahasa Inggris? Bisa saya minta foto dan cerita singkat ttg siapa anda? Kami akan menampilkan tulisan tetap dengan anda sebagai penulisnya.

Tinggalkan Balasan