Infografik: Cara Aman Mengamati Gerhana Matahari

This post is also available in: English

Di tahun 1983, ketika Gerhana Matahari Total melintasi Indonesia, masyarakat diminta untuk tidak melihat gerhana karena dapat merusak mata. Untuk itu kami siapkan petunjuk pengamatan Matahari dengan aman.Pada akhirnya, ketika astronom, dan para pemburu gerhana dari Indonesia dan mancanegara menikmati keindahan momen totalitas, sebagian besar masyarakat Indonesia justru berdiam di dalam rumah dan tidak bisa ikut menikmati momen yang sangat berharga tersebut.

Di tahun 2016 nanti, kami berharap seluruh masyarakat dapat ikut menikmati peristiwa alam yang eksotis tersebut. Menatap Matahari secara langsung memang bisa membahayakan mata. Akan tetapi, kita bisa mengamati Matahari dengan aman. Caranya, bisa disimak di tulisan: Bagaimana Mengamati Gerhana Matahari? atau lewat informasi visual yang kami tampilkan di laman ini.

LSGMT_observasi

Ditulis oleh

Avivah Yamani

Avivah Yamani

astronomer. astronomy communicator by day. co-founder of langitselatan. new media practitioners. story teller and podcaster in the making. social media observer. web developer and web administrator by accident.

Wicak Soegijoko

Wicak Soegijoko

An Alumni of ITB Astronomy Department and former satellite parking attendant. Dabbles in strange and unique space calling devices. Loves astrophotography.

15 thoughts on “Infografik: Cara Aman Mengamati Gerhana Matahari

  1. selamat sore Ibu Avivah, kita dari pt surya namaskar adalah : Program kesadaran melihat gerhana matahari dan peluang penggalangan dana sekolah dan proyek mahasiswa. kita jual kacamata untuk gerhana matahari. kalau mau info lebih lanjut tolg kontak saya ke [email protected] thank you

  2. Hello Ibu Avivah terimakasih atas info dari websitenya tentang gerhana matahari di indonesia. bulan marte 2016. apaka ibu di bangka? kita ada program nama:: Program kesadaran melihat gerhana matahari dan peluang penggalangan dana sekolah dan proyek mahasiswa .
    kita jual kacamata untuk bisa lihat gerhana matahari. kalau butuh info lebih lanjut tolg email ke [email protected]
    terimakasih.

  3. Selamat sore, bu Avivah, kami (OIF UMSU) mohon izin mau cetak beberapa informasi visual cara aman mengamati gerhana di atas (tanpa merubah), untuk dipajang di area lokasi pengamatan GMS di Medan nanti, bisa ya? Trims (Arwin)

  4. Amankah jika kita mengamati jalannya proses gerhana matahari hanya dengan mengenakan kacamata anti UV? Terimakasih.

  5. Mohon info, Bu… Apakah film hitam putih dapat digunakan sebagai filter saat mengamati gerhana matahari?

    Terima kasih

    Desi

  6. Mohon tanggapannya, karena beberapa murid saya punya ide begini: Bagaimana kalau kita menggunakan webcam dari laptop atau kamera depan HP (yang biasa digunakan untuk selfie) apakah aman? Bukankah kita kalau menggunakan kedua cara tersebut tidak melihat langsung sinar matahari? Terima kasih.

Tinggalkan Balasan